PMII Care- Rabu (10/11/2021) Sekitar pukul 06.00 WIB, PMII CARE mempersiapkan beberapa personil untuk ikut aksi dalam penyaluran bencana banjir bandang di wilayah Malang – Batu – Bulukerto. Tidak lupa para personil PMII CARE, mendata kembali barang bawaan yang akan didistribuikan kepada para korban banjir bandang.

“Barang-barang ini, akan kita bawa kelokasi yang terdampak banjir bandang. Barang-barang, yang di bawa oleh para personil merupakan barang bawaan yang sangat dibutuhkan untuk saat ini. Dari hasil data kami barang-barang seperti ini merupakan barang yang sangat urgent keberadaanya.” Ujar Ubaidillah selaku Pembina PMII CARE.

Ada pula beberapa barang yang akan didistribusikan ke lokasi bencana banjir bandang seperti, ember, kasur, selang air, sapu, kain pel, bantal, gayung, susu, dll. Hal ini kita lakukan sesuai dengan data-data yang telah kita dari ketua posko 4 Bulukerto.

“dari pada hanya sekedar uang saja yang kita berikan kesana, lebih baik berupa barang pokok yang akan kita berikan. Kita cari dataya terlebih dahulu, kebutuhan apa saja yang sekiranya mereka butuhkan. Lalu dari uang donasi yang telah terkumpul, maka akan langsung kita belikan sesuai dengan data dan kebutuhan yang telah tercantum. Tidak hanya itu saja, menurut saya, dengan berupa barang yang telah kita sediakan, lebih baik dari pada hanya berupa uang. Dari barang-barang yang kita distribusikan untuk para korban lalu kita bawa, dari sini kesungguhan para relawan akan terlihat” ujar Depta (Media dan Informatika PMII CARE).

Pendstribusian barang kepada para korban tersebut, sempat terhalang dengan adanya hujan lebat, yang mengakibatkan keterlambatan datangnya barang. Dikarenakan pada tanggal 10 November 2021, setiap posko yang telah berjaga disana, akan menutup pendistribusian barang dari luar. Hal ini dilakukan karena, pasokan sandang pangan yang sudah mencukupi kebutuhan, bila mana pasokan sandang pangan dirasa masih membutuhkan, maka posko setempat akan membuka kembali.

“Untuk saat ini, seperti sandang pangan telah mencukupi dan barang-barang yang telah terkumpul akan sesegera mungkin kita bagikan kepada para korban yang membutuhkan. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada para pemuda, komunitas, dan organisasi lainnya yang telah berikut serta membantu para korban banjir bandang. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya” Suwantoro selaku Kepala Desa Bulukerto.